Cara Menghitung Bunga Deposito Terbaru dari Bank Lengkap dengan Rumus

54
Cara Menghitung Bunga Deposito Terbaru dari Bank Lengkap dengan Rumus
Cara Menghitung Bunga Deposito Terbaru dari Bank Lengkap dengan Rumus

Bidhuan.id – Bingung cara menghitung bunga deposito? Kali ini kami kembali lagi dengan memberikan infomasi kepada Anda semua mengenai cara menghitung bunga deposito. Mungkin banyak sekali dari Anda sekalian yang tidak mengerti dan tidak tahu bagaimana cara menghitungnya. Padahal bunga deposto ini sangat penting dan harus Anda ketahui jika Anda memiliki deposito. Karena banyak sekali masyarakat yang sering salah pengertian dan bahkan tidak tahu tentang bunga deposito ini maka kami akan membahas secara lengkap dan juga detail mengenai bunga deposito itu sendiri selain mengajari Anda bagaimana cara menghitungnya.

Cara menghitung bunga deposito tertinggi

cara menghitung bunga deposito bjb
cara menghitung bunga deposito bjb

Kami nantinya akan memberitahu kepada Anda informasi mengenai cara menghitung bunga deposito yang mudah sehingga Anda bisa mengikuti dan menerpakannya. Namun sebelum itu kami akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai bunga deposito itu sendiri sehingga Anda tidak lagi salah kira ya. Tak usah berlama-lama lagi, berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai bunga deposito yang harus Anda ketahui dan pahami mulai saat ini :

  • Apa itu bunga deposito?

Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengerti mengenai arti bunga deposito. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian bunga deposito. Dimulai dari membahas pengertian dari deposito sendiri. Nah Deposito itu sebenarnya bisa kita sebut juga sebagai tabungan, hanya saja tabungan itu berjangka dan memiliki suku bunga yang lebih tinggi ketimbang tabungan biasa. Deposito sendiri adalah salah satu produk simpanan yang bisa kita sebut sebagai sebuah investasi sederhana yang mana memiliki suku bunga yang tetap dalam beberapa jangka waktu tertentu.

Sedangkan suku bunga dari deposito sendiri adalah nilai yang harus diberikan oleh bank kepada para nasabah yang memiliki deposito sebagai imbalan atau hadiah karena nasabah telah menabung atau menyimpan uang di bank tersebut yang mana uang tersebut nantinya akan dikembalikan bank pada kemudian hari. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan dan mempengaruhi suku bunga deposito ya, sama halnya seperti jenis simpanan yang lainnya. Faktor yang bisa mempengaruhi suku bunga deposito itu adalah pinjaman dan juga simpanan yang ditetapkan oleh bank biasanya mempengaruhi juga tingkatan suku bunga tersebut. Anda juga harus mengetahui informasi mengenai cara praktis dan sederhana dalam membuat budget bulanan yang mudah sehingga pengeluaran menjadi teratur dan tidak boros juga ya.

  • Berapa banyak suku bunga deposito bank BRI 2017 dan bank lainnya?

Setelah mengetahui mengenai pengertian dari suku bunga deposito, sekarang kami juga akan memberitahu kepada Anda besar bunga dari deposito sehingga Anda yang ingin membuat deposito bisa mengerti berapa besar dan jumlah bunganya sehingga tidak lagi kebingungan ya. Nah menurut data kami, suku bunga bank BRI dan juga bank lainnya pada tahun 2017 itu sendiri mencapai antara 3% hingga 6%. Suku bunga deposito itu tentu saja seperti yang sudah kita katakan di atas jika dipengaruhi oleh simpanan dan pinjaman bank tersebut, dan juga tentunya ditentukan juga oleh kebijakan bank masing-masing. Jadi bisa dikatakan tahun ini mungkin tingkatan atau besarnya masih sama ya, selain itu antara bank satu dan bank lainnya bisa saja berbeda karena sesuai dengan ketentuan bank masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai tingkatannya maka kami sarankan supaya Anda menanyakan langsung kepada bank yang bersangkutan ya.

  • Frekuensi pembayaran bunga deposito BRI 2018 dan bank lainnya
bunga deposito bri 2017
bunga deposito bri 2017

Anda juga sudah tahu informasi mengenai tingkatan suku bunga deposito yang diberikan kepada Anda bukan? Nah sekarang kami akan memberitahu kepada Anda frekuensi pembayaran bunga deposito kepada para nasabah sehingga sebagai nasabah Anda tahu kapan bunga deposito itu akan dibayarkan kepada Anda sehingga tidak menunggu-nunggu. Nah pada umumnya, suku bunga deposito itu diberikan atau diserahkan kepada para nasabah yang memiliki deposito pada jatuh tempo. Biasanya pada akhir jangka waktu yang telah disepakati antara kedua belah pihak untuk deposito yang memiliki jangka pendek. Dan biasanya juga bunga dibayarkan setiap tahunnya bagi Anda yang memilih deposito berjangka panjang. Selain ketentuan itu ada beberapa pembayaran deposito yang bermacam-macam, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Pembayaran bunga deposito tahunan : Yang pertama ada pembayaran bunga deposito tahunan, dimana bunga itu dibayarkan setiap akhir tahun kepada nasabah.

2. Pembayaran bunga deposito per semester : Jika bunga pembayaran per semester, itu artinya pembayaran bunga deposito dilakukan setiap 6 bulan sekali.

3. Pembayaran bunga deposito per kuartal : Jika bunga pembayaran per kuartal, itu artinya pembayaran bunga deposito dilakukan setiap 4 bulan sekali.

4. Pembayaran bunga deposito bulanan : Jika bunga pembayaran per bulanan, itu artinya pembayaran bunga deposito dilakukan akhir bulan sekali.

5. Pembayaran bunga deposito dwi mingguan : Jika bunga pembayaran per semester, itu artinya pembayaran bunga deposito dilakukan setiap 6 bulan sekali.

6. Pembayaran bunga deposito mingguan  : Jika bunga pembayaran per semester, itu artinya pembayaran bunga deposito dilakukan setiap 2 minggu sekali.

7. Pembayaran bunga deposito jatuh tempo : Jika bunga pembayaran per semester, itu artinya pembayaran bunga deposito dilakukan saat deposito jatuh tempo.

  • Cara menghitung bunga deposito bank bca dan bank lainnya

Setelah mengetahui frekuensi pembayaran dari bunga deposito maka kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai bagaimana cara menghitung bunga deposito bank bjb dan juga bank lainnya karena cara menghitung atau rumus dari bunga deposito itu sebenarnya caranya sama saja ya. Tidak usah berlama-lama lagi ya, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung bunga deposito setiap bank. Kami akan  memberikan contoh sehingga Anda bisa menghitungnya lebih mudah :

Contoh : Anda mengambil deposito dalam jangka waktu 6 bulan dengan bunga sebesar 3,05% dan uang yang Anda setorkan adalah 10 juta. Maka berikut adalah cara menghitungnya :

Dari rumus yang ada di atas maka kita bisa menemukan jawabnnya ya. Berikut adalah jumlah bunga deposito yang bisa Anda dapatkan tiap 6 bulan sekali :

cara menghitung bunga deposito bank bca
cara menghitung bunga deposito bank bca

Bunga : (10 juta x 3,05% x 182) / 365 = Rp 152.082 (belum dikenai pajak)

  • Keuntungan menggunakan deposito

Setelah mengetahui bagaimana caranya menghitung bunga  maka kali ini kami akan memberikan beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika Anda memilih deposito daripada jenis simpanan yang lainnya. Jadi bagi Anda yang masih ragu ingin memubat deposito maka dengan melihat beberapa keuntungan atau kelebihan ini maka Anda tidak akan ragu lagi. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan deposito :

1.Bebas administrasi bulanan

Keuntungan yang pertama jika kita menggunakan deposito adalah bebas administrasi bulanan. Jika kita menabung tabungan biasa atau simpanan lainnya maka akan dikenakan biaya admin, namun untuk deposito maka Anda tidak perlu membayar admin tiap bulannya sehingga itu akan menguntungkan bagi Anda. Karena uang yang sudah menjadi deposito itu tidak akan berkurang sepeserpun seperti ketika kita menyimpan dengan metode lainnya. Namun perlu Anda ketahui jika bunga yang Anda dapat nantinya tetap dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan bank.

2. Syarat yang sangat mudah

Tidak hanya bebas admin bulanan saja, kelebihan atau keuntungan kedua yang bisa kita dapakan jika memilih deposito adalah syarat pengajuannya yang sangat mudah. Hanya menyerahkan kartu identitas diri yaitu KTP, materai untuk membuka atau menarik deposito, dan juga rekening bank saja. Tidak ada syarat lainnya yang memberatkan Anda. Cukup mudah sekali bukan?

3. Mendapatkan jaminan kredit

Kelebihan yang keempat adalah Anda bisa mendapatkan jaminan kredit ya. Jika misalnya Anda ingin kredit di bank maka deposito yang Anda miliki di bank tersebut bisa menjadi jaminnya. Sehingga kredit yang akan Anda ajukan tersebut akan lebih mudah proses pengajuannya dan bisa segera Anda gunakan.

Nah itu dia beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai cara menghitung bunga deposito. Semoga artikel mengenai bunga deposito yang kami berikan ini cukup jelas untuk Anda mengerti dan pahami. Namun jika misalnya masih ada yang kurang jelas dan Anda ingin segera membuat deposito maka kami sarankan agar Anda langsung mengunjungi bank tujuan sehingga informasinya lebih jelas. Semoga artikel yang kali ini kami sampaikan kepada Anda bisa berguna, bermanfaat, dan bahkan juga membantu Anda ya!

ARTIKEL TERKAIT