Studi ke Jepang dengan Global 30 Project

0
3132

Global 30 Project sebenarnya sebuah program dari  MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology) tetapi hanya memfokuskan ke 13 Universitas terbaik di Jepang.  Global 30 Project memiliki misi untuk mengajak 300.000 orang mahasiswa asing bergabung di program Global 30. Jadi beasiswa nya tetap harus mencari di masing-masing ke-13 Universitas bisa melalui beasiswa monbukagakusho, beasiswa dari negara asal, beasiswa di masing-masing universitasnya atau beasiswa dari yayasan/perusahaan Jepang.

peraih beasiswa g30
uni.international.mext.go.jp

Profil

Global 30 Project memilih 13 Universitas terbaik di Jepang dengan tujuan untuk memelihara individu yang kompeten secara internasional melalui penciptaan lingkungan akademik dimana mahasiswa asil Jepang dan mahasiswa asing saling belajar satu sama lain. Ke-13 Universitas itu adalah Tohoku University, University of Tsukuba, The University of Tokyo, Nagoya University, Kyoto University, Osaka University, Kyushu University, Keio University, Sophia University, Meiji University, Waseda University, Doshisha University, dan Ritsumeikan University.

Karakteristik Beasiswa Global 30 Project

Tidak dibutuhkan sertifikat bahasa Jepang

Melalui Proyek “Global 30”, universitas-universitas terbaik di Jepang kini menawarkan program pendidikan dalam bahasa Inggris. Sehingga hambatan bahasa bukan suatu masalah lagi di Universitat yang tergabung dalam G 30.

Ujian masuk bisa di negara masing-masing

Pada umumnya  di Universitas di Jepang, pelamar harus datang ke Jepang untuk melakukan ujian masuknya. Tetapi di perguruan tinggi di bawah proyek “Global 30” sekarang menawarkan prosedur penerimaan berbasis wawancara yang memungkinkan siswa internasional untuk dilakukan di negara masing-masing. Wawancara dapat dilakukan menggunakan sistem tele konferen atau perangkat lain.

Membantu cepat beradaptasi di Jepang

Universitas-universitas di bawah Proyek “Global 30” memberikan pelayanan berkualitas tinggi dalam bahasa Jepang dan budayanya, seiring dengan studinya. Ketika belajar bahasa Jepang, bukan hanya mahir dalam bahasa, tetapi juga mendapatkan pengetahuan tentang budaya di Jepang.

Dukungan penuh untuk siswa internasional

Selain fasilitas pendidikan dan penelitian yang sangat baik, perguruan tinggi di bawah proyek “Global 30” juga menyediakan dukungan penuh untuk siswa internasional. Misalnya, mereka memberikan bantuan mengenai masalah akademik, perencanaan karir, visa, bantuan keuangan, perumahan, dan kesulitan lainnya dan masalah siswa internasional mungkin menghadapi.

Prosedur aplikasi, waktu seleksi, besaran yang akan diterima dll



Hal-hal penting mengenai proses beasiswa termasuk waktu dan besaran yang akan dterima serta persyaratan spesifik lainnya tergantung dari masing masing universitasnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti agar memperoleh beasiswa dari G30.
1. Memilih salah satu universitas yang cocok sesuai dengan keilmuan dan juga persyaratan lainnya, silahkan download panduan di bawah ini
Download Panduan Lengkap Beasiswa G30 Project
Download Panduan Lengkap 13 Universitas Anggota G30 Projrct
2. Memilih program beasiswa yang tepat sesuai yang di tawarkan oleh masing-masing Universitas
3. Korespondensi dengan Supervisor/Profesor untuk aplikasi beasiswa selanjutnya