Panduan Lengkap Beasiswa ke Jepang

0
1508

Pertanyaan Penting Sebelum Memutuskan Mencari Beasiswa Ke Jepang

sekolah ke jepang

1. Kenapa ingin kuliah di Jepang?

Saatnya memiliki alasan atau motivasi yang kuat mengapa anda ingin memilih melanjutkan sekolah atau kuliah ke Jepang. Motivasi yang kuat akan menghasilkan tujuan yang maksimal.

2. Institusi pendidikan apa dan dimana yang akan dipilih?

Tentukan institusi mana yang dikehendaki, dengan fokus terhadap pilihan institusi pendidikannya akan lebih fokus dan memudahkan untuk mewujudkan impiannya untuk melanjutkan studi di Jepang. Mencari institusi pendidikan di Jepang bisa melalui link ini.

3. Berapa lama jangka waktu yang diinginkan?

Target waktu berhubungan dengan jenjang pendidikan atau program pendidikan yang dipilih. Penting untuk diketahui karena di Jepang memiliki waktu studi yang sedikit berbeda dengan negara lain untuk setiap program pendidikannya.

4. Bidang apa yang ingin dipelajari?

Tentunya masing-masing calon mahasiswa memiliki dasar bidang ilmu yang ditekuninya. Saatnya menentukan bidang keahlian apa yang akan di dalami di Jepang nantinya.

5. Kapan ingin memulai studi di Jepang?

Kapan rencana ingin memulai studi di Jepang perlu di ketahui sejak dini, hal ini berhubungan dengan mulainya waktu persiapan yang dibutuhkan sebelum memulai studinya di Jepang.

6. Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan?

Walaupun berharap dari beasiswa, saatnya menghitung berapa besaran biaya hidup, biaya perjalanan, apartemen dan lainnya yang dibutuhkan baik untuk proses persiapan maupun proses studinya.

Kenapa Harus Sekolah di Jepang

1. Memiliki Lingkungan Akademik yang Sangat Baik

Jepang memiliki lingkungan akademik yang sangat baik yang memungkinkan siswa untuk menjadi inovatif, kreatif dan berpikir secara mandiri. Sebagai negara maju tentunya selalu update terhadap teknologi terbaru dan memperoleh pengetahuan yang sesuai dengan pertumbuhan ekonomi terkini. Universitas-universitas di Jepang dilengkapi dengan fasilitas penelitian yang lengkap dan fasilitas penunjang akademik lainnya yang memungkinkan siswa lebih fokus untuk belajar.

2. Biaya Pendidikan yang Rendah dan Banyaknya Beasiswa

Ujian Masuk (¥) Biaya Masuk (¥) SPP (¥)
Program Sarjana 17,000 282,000 535,800/tahun
Program Pascasarjana 30,000 282,000 535,800/tahun
Program Riset 9,800 84,600 29,700/bulan
Non-degree 9,800 28,200 14,800/SKS

Jepang memiliki uang kuliah yang rendah jka dibandingkan dengan negara lain sekitar  58 Jutaan setiap tahunnya. Selain itu, banyak peluang beasiswa beasiswa tersedia baik dari pemerintah Jepang ataupun dari beasiswa yang ditawarkan oleh universitas-universitas itu sendiri.

3. Memiliki Budaya yang Khas

https://www.youtube.com/watch?v=UHK5oyktqIk&feature=youtu.be
Jepang memiliki budaya dan kebiasaan yang unik. Selain masih memegang teguh budaya leluhurnya, budaya modern hasil campuran antara budaya timur dan barat juga ada. Unsur-unsur yang tampaknya bertentangan tetapi hidup berdampingan secara harmonis di Jepang, sehingga memungkinkan siswa untuk menikmati budaya yang unik.

Download Mengenal Lebih Jauh Tentang Jepang (jasso.go.jp)

Program Pendidikan di Jepang

1 Program Bergelar
Sarjana University 4 years 〜 6 years
Berbagai bidang ilmu, IPA dan IPS
S2 Graduate school 2 years 〜
S3 Graduate school 3 years 〜
Setara D2 Junior college 2 years 〜 3 years
Setara D3 Professional training college 2 years 〜 3 years
Setara D4 Professional training college 4 years 〜
2 Non-gelar
Setara D1 Japanese language institution,
Short-term university program
Few months 〜 1 year
Pilihan Bidang Tertentu
Pertukaran Pelajar University Less than 1 year
3 Kursus bahasa Jepang
Tujuan spesifik Japanese language institution Few months 〜 2 years
Bahasa Jepang untuk sehari-hari, bisnis, atau untuk sekolah
Tujuan Studi Lanjut
Japanese language institution Few months 〜 2 years
Preparatory Japanese language courses offered at private universities 1 year 〜 2 years

Program Sarjana (Undergraduate)

Masa studi program sarjana reguler adalah 4 tahun, kecuali untuk jurusan kedokteran, kedokteran gigi ,jurusan farmasi di beberapa universitas,kedokteran hewan berlangsung selama 6 tahun. Disamping program reguler tsb, di beberapa universitas ada pula program non-reguler yang disebut program mahasiswa pendengar (choukousei) dan mahasiswa pengumpul kredit (kamokutourishuusei). Disamping program jangka panjang untuk meraih gelar, ada pula program jangka pendek non-gelar.

Program Pascasarjana (Graduate)

Panjang studi di sekolah pascasarjana tergantung pada jenjangnya.
Program Master: berlangsung selama dua tahun.
Program Doktor: berlangsung selama tiga tahun untuk ilmu murni terkecuali untuk bidang tertentu seperti kedokteran lima tahun.

Untuk program Doktor 5 tahun, umumnya dibagi menjadi periode pertama (dua tahun) dan periode kedua (tiga tahun). Namun, panjang studi untuk program doktor dalam kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan (masuk setelah setelah selesai kuliah sarjana enam tahun di bidang kedokteran, kedokteran gigi atau kedokteran hewan) adalah empat tahun. Beberapa universitas menawarkan program doktor selama lima tahun penuh atau hanya menawarkan tiga tahun terakhir.

Setingkat Diploma 2 dan 3 (Junior Colleges)

Masa studi program Junior College (Tanki Daigaku) umumnya berlangsung selama 2 tahun, tetapi untuk bidang-bidang seperti Teknologi Kesehatan, Ilmu Keperawatan berlangsung selama 3 tahun. Berbeda dengan pendidikan di universitas yang lebih menekankan pada pendidikan yang bersifat teori maka Junior College lebih menekankan pada keahlian yang bermanfaat dan dapat diterapkan langsung untuk terjun ke masyarakat. Sekitar 1/3 dari program ini diperuntukkan bagi perempuan dan lebih dari 1/2nya mengajarkan bidang-bidang seperti social humaniora, kesejahteraan keluarga dan kependidikan.

Setingkat Diploma 1 (Special training college)

Sekolah  ini  diposisikan sebagai lembaga pendidikan tinggi di Jepang yang menyediakan pendidikan kejuruan serta pendidikan dalam keterampilan, teknologi dan pengetahuan yang dibutuhkan saat ini. Panjang studi satu tahun atau lebih, tetapi sebagian besar program studi lebih dari dua tahun.

Download Panduan Lengkap Sistem Pendidikan Di Jepang, Perencanaan, Memilih Sekolah dan Jadwal (jasso.go.jp)

Download Panduan Lengkap tentang Mengenal Lebih Jauh Jenjang Pendidikan di Jepang (jasso.go.jp)

Kehidupan di Jepang

Mata uang dan harga barang

Mata uang di Jepang adalah “yen”. Terdapat 3 jenis uang kertas, yaitu 10.000 yen, 5.000 yen, dan 1.000 yen. Serta 6 jenis uang logam yaitu 500 yen, 100 yen, 50 yen, 10 yen, 5 yen dan 1 yen. Pembayaran di Jepang, pada umumnya dilakukan secara kontan. Tetapi kebanyakan toko dapat menggunakan kartu kredit. Toko yang dapat menggunakan kartu debit juga semakin banyak. Tetapi cek tidak umum dipakai dalam transaksi sehari-hari.

harga pokok di jepang

Biaya hidup

biaya hidup di jepang

Download Panduan Lengkap tentang Biaya Hidup di Jepang

Tips cara hidup hemat di Jepang

Jalur Beasiswa 

1. Pemerintah Indonesia (klik disini)
2. Mext/Monbukagakusho (klik disini)
3. Program Anggota G30 (klik disini)
4. JASSO (klik disini)
5. Yayasan Beasiswa Non-Pemerintah Jepang (Perusahaan) (klik disini)



Sumber : g-studyinjapan.jasso.go.jp,  studyjapan.go.jp.