Apa syarat utama diterima kuliah di Jepang

3177
kuliah di jepang

Saat ini, untuk diterima di Universitas favorit di Jepang adalah harus lulus ujian masuk atau entrance examination seperti di postingan sebelumnya. Untuk mengikuti ujian ini biasanya untuk periode masuk April diselenggarakan di sekitar bulan Januari dan Oktober di bulan Agustus. Pengumuman diterima tidaknya sebulan setelah ujian masuk. Tahukah anda apa syarat utama diterima kuliah di Jepang sebenarnya

kuliah di jepang

1. Bahasa

Apabila rekan-rekan memiliki keterbatasan dalam bahasa Inggris, tenang di Jepang tidak terlalu tinggi, bisa dikatakan terendah diantara negara lainnya. Umumnya lebih rendah dari persyaratan beasiswanya. Untuk IELTS 5.5 bahkan 4.5 pun ada beberapa Universitas yang mempersyaratkannya. Apakah perlu pandai bahasa Jepang? nah ini yang keliru, bahasa Jepang untuk diterima di Universitas mutlak tidak diperlukan untuk kelas Internasional. Setelah diterima mereka memberikan kursus gratis untuk ini. Bahasa Jepang hanya dibutuhkan untuk kehidupan sosial disini. Bahkan teman saya yang telah tinggal 2 tahun disini masih belum bisa bahasa Jepangnya.

2. Curriculum Vitae (CV)

Yang terpenting dari biodata pribadi adalah lamanya waktu studi contohnya bisa diklik disini tapi untuk Indonesia sudah memenuhi persyaratan yaitu minimal 12 tahun untuk S1, 16 tahun untuk S2 dan 18 tahun untuk S3.

3. Profesor atau Supervisor



Informasi lainnya di CV sebetulnya hanya untuk mengambil hati Profesor. Di Jepang apabila profesor sudah jatuh hati ke calon mahasiswanya. 99.99% pasti diterima menjadi mahasiswa, ujian masuk hanyalah formalitas. Untuk memulai mencari profesor dan membuat calon profesor terpana bisa dilihat disini.
Buat calon mahasiswa, selamat berjuang, tidak ada yang mudah di Dunia ini tapi tidak ada yang mustahil dengan bekerja keras, Ganbatte kudasai!!

SHARE