Uniknya Bermain Basket di Musim Gugur di Jepang

0
1684

Apakah pernah bermain basket di suhu 6 derajat selsius? jika belum, dipostingan inilah saya akan membagi sedikit pengalaman bermain basket di musim gugur di Jepang. Bulan November ini adalah bulan pergantian ke musim dingin, musim dingin akan mulai dari Desember hingga Februari. Oleh karena itu, suhu semakin menurun di akhir bulan November ini. Ada beberapa hal yang unik ketika bermain basket di pergantian musim.

Kampus di Sekitar Gymnasium Mulai Menguning

musim gugur di jepang musim gugur gymnasium Berubahnya warna daun dari hijau menjadi kuning dan mulai berguguran menjadi pertanda musim dingin akan mulai. Warna daun nan indah yang tidak akan ditemui di negara kita ini membuat suasana bermain basket berbeda dari musim lainnya.

Jumlah Pemain Berkurang di banding Musim Panas

musim gugur di jepang
Teman dekat saya dari Sudan bilang, ‘You Are Crazy, It is very cold’, ya hanya orang yang gila basket lah yang masih bertahan di musim gugur ini. Kalau di musim dingin masih bermain basket, itu berarti menandakan orang nya sudah benar-benar gila :)

Jadwal Gymnasium Tetap Padat

main basket di jepang
Hanya Orang Jepang yang Punya Jadwal di Gymnasium

Ini yang unik di Jepang, musim apapun jadwal Gymnasium tetap penuh. Ya beginilah sekumpulan nasib warga asing yang hobi basket tapi tidak punya jadwal di Gymnasiuma alias cari gratisan. Oleh karenanya, kami mencari jadwal di pagi hari atau jadwal kosong lainnya. Apabila di satu Gym akan digunakan, maka kami mengalah dan mencari Gym lainnya.

Bersepeda Alat Transportasi Utama

musim gugur naik sepeda
Sepeda adalah pilihan utama setelah skuter matik untuk menuju ke lapangan basket. Jarang yang menggunakan mobil untuk bermain basket disini.

Pemanasan Sebelum Bermain Itu Penting

Semakin tahu arti pentingnya pemanasan sebelum bermain basket. Di Indonesia melakukan pemanasan untuk menghindari cedera, tapi di musim gugur diperlukan waktu pemanasan lebih lama. Kaki dan tangan terasa kaku akibat dinginnya cuaca, bermain 10 menit pertama masih menggunakan celana panjang dan kaos tangan panjang. Selanjutnya menggunakan kostum seperti layaknya bermain di musim panas.

Olahraga Penting Untuk Kesehatan

Di suhu yang dingin ini praktis kita tidak bisa mengeluarkan keringat tanpa melakukan aktivitas berolahraga, penting terutama untuk detoksifikasi racun di dalam tubuh kita. Untuk itulah mengapa orang Jepang disini tidak peduli dengan musim, mereka tetap berolahraga agar bisa berkeringat dan baik untuk kesehatan.

Cuplikan Video Bermain Basket di Jepang