Aplikasi Sipnap: Panduan Lengkap Cara Penggunaan Aplikasi

1212
Aplikasi Sipnap - Panduan Lengkap Cara Penggunaan Aplikasi
Aplikasi Sipnap - Panduan Lengkap Cara Penggunaan Aplikasi

Bidhuan – Apa itu Aplikasi Sipnap? Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda semua mengenai sipnap. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengerti tentang aplikasi yang satu ini. Banyak sekali yang tidak memahami aplikasi yang berhubungan dengan obat ini, padahal aplikasi yang satu ini sangatlah berguna bagi Anda. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai infromasinya ya sehingga Anda tidak lagi bingung mengenai aplikasi yang satu ini. Berikut adalah infromasi lengkapnya untuk Anda :

Panduan Sipnap, Aplikasi yang Berguna

Contoh Pendaftaran Sipnap
Contoh Pendaftaran Sipnap

Mungkin bagi sebagian Anda masih tidak mengerti tentang beberapa informasi sipnap. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan informasi kepada Anda mengenai aplikasi bernama sipnap sehigga Anda semua bisa mengetahui apa sebenarnya aplikasi ini dan juga bisa menggunakannya jika Anda membutuhkan. Tidak usah berlama-lama lagi ya, berikut ini adalah informasi pentingnya untuk Anda semua

  • Pengertian sipnap

Mungkin banyak sekali dari Anda yang bertanya-tanya, apa itu aplikasi sipnap? Karena banyak sekali yang tidak mengetahui tentang aplikasi yang satu ini. Oleh karena itu kali ini kami akan menjelasakannya secara lengkap dan spesifik kepada Anda sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini. SIPNAP adalah kepanjangan dari Sistem Pelaporan Narkotika dan Psikotropika. Aplikasi bernama SIPNAP ini dibuat, dikembangkan, dan juga dikelola oleh Ditjen Binfar dan Alkes, Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian,  dan juga Kementrian Kesehatan RI. Namun aplikasi yang digunakan untuk mendaftarkan obat dan berhubungan dengan farmasi ini tidak diperuntukkan bagi umum ya. Hanya diperuntukkan bagi beberapa intansi saja. Yaitu selutuh unit pelayanan kesehatan, instalasi farmasi kabupaten dan kota, dinas kesehatan kabupaten dan kota, sampai dinas kesehatan provinsi di seluruh Indonesia.

  • Apakah perlu download aplikasi sipnap?

Nah mungkin banyak sekali dari Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara kita bisa mengakses aplikasi ini. Banyak sekali yang bertanya apakah kita perlu mengunduh atau mendownload aplikasi ini di perangkat seperti di smartphone, PC, atau tablet? Jawabannya adalah tidak. Aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian, Ditjen Binfar dan Alkes,  dan juga Kementrian Kesehatan RI ini tidak bisa Anda unduh di perangkat Anda karena tidak apa aplikasinya di google play store maupun di app store. Lalu bagaimana kita bisa menggunakan layanan ini? Tenang saja, walaupun tidak ada di app store atau google play store namun kita bisa tetap bisa mengakses layanan ini di website resminya dan tidak dipungut biaya. Anda bisa mengakses layanan di alamat http://sipnap.kemkes.go.id/

  • Contoh Pendaftaran Sipnap yang mudah untuk diikuti
panduan sipnap
panduan sipnap

Setelah Anda tahu mengenai pengertian dari aplikasi sipnap dan juga bagaimana cara mengaksesnya sekarang kami akan memberitahukan bagaimana cara yang tepat untuk mendaftarkan instansi Anda jika Anda belum pernah mendaftarkan maka bisa segera mendaftarkannya karena caranya sangatlah mudah untuk dilakukan. Jika Anda memiliki instansi apotek, rumah sakit, dan lainnya maka harus mendaftarkan untuk melaporkan jenis obat-obatan ya sehingga pemerintah yang mengelola bisa memantau keberadaan obat-obatan di Indonesia ya. Nah jika Anda belum memiliki akun maka kami sarankan supaya Anda terlebih dahulu mendaftarkan diri dengan registrasi. Untuk registrasi maka ada beberapa kolom yang perlu Anda isi. Kolom yang harus Anda isi dengan lengkap dan benar jika ingin mendaftarkan ketika registrasi adalah nomor pokok wajib pajak atau NPWP, jenis instansi, nama, nomor izin, tanggal terbit, alamat, provinsi, kab / kota, kecamatan, desa kelurahan, kode pos, telepon, fax, email, memasukkan key code. Setelah mengisi form registrasi maka selanjutnya Anda akan masuk ke dalam pengisian data apoteker penanggung jawab dan juga beberapa data lainnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai formnya maka Anda bisa mengunduh file penjelasannya dalam bentuk pdf di website resmi sipnap bagian bantuan penggunaan aplikasi.

  • Tips jika lupa password sipnap

Setelah berhasil mendaftarkan diri ke aplikasi tersebut maka selanjutnya jika Anda ingin melaporkan atau mendaftarkan obat maka anda tidak perlu lagi untuk melakukan registrasi karena di awal tadi Anda sudah melakukannya ya. Nah jika Anda ingin masuk ke dalam aplikasi ini maka anda hanya tinggal login saja dan sudah bisa mengakses aplikasi ini ya. Namun bagaimana jika ketika login tiba-tiba saja ada kendala? Misalnya saja seperti tidak bisa login karena melupakan password. Jika Anda lupa password maka tenang saja karena kami bisa membantu untuk mengatasinya. Jika Anda sudah memasukkan username id namun tidak bisa masuk atau login karena lupa password maka Anda bisa mengganti password Anda atau mereset password lama Anda.

Untuk mereset passwordnya caranya sangatlah mudah ya, karena kita hanya perlu membuka website aplikasi sipnap dan kemudian klik ke bagian bantuan penggunaan aplikasi, kemudian klik reset password. Setelah itu website akan menampilkan halaman yang berisi kolom data yang harus Anda isi guna memproses permintaan pergantian password tersebut. Kami menyarankan supaya Anda mengisinya dengan benar ya. Anda diharuskan mengisi jenis instansi yang Anda daftarkan, kemudian tanggal terbit izin, user id, dan masukkan key code, lalu klik reset password. Setelah itu akan dikirim verifikasi ke email yang sudah Anda daftarkan dan Anda bisa membuat password baru kembali. Kami sarankan untuk menggunakan password yang mudah diingat atau jika perlu mencatat password baru Anda sehingga tidak lagi lupa.

  • Pelaporan sipnap setiap apa?
pengertian sipnap
pengertian sipnap

Dan bagi Anda yang mungkin baru saja membuka apotik atau instansi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan maka harus tahu informasi mengenai ini. Seperti yang kita tahu jika aplikasi yang dikembangkan oleh dinas kesehatan RI dan berbagai instansi kesehatan lainnya ini bertujuan agar lembaga kesehatan yang lingkupnya lebih kecil melaporkan penggunaan narkotika  untuk obat-obatan sehingga dinas kesehatan bisa mengetahui berapa jumlah obat dan jenisnya apa saja yang beredar di masyarakat. Nah, mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahuinya. Namun SIPNAP ini dilaporkan setiap bulannya, setelah mendata maka asisten apoteker biasanya akan memasukkan semua datanya di aplikasi sipnap dan kemudian mengimpornya sehingga laporannya bisa sampai ke dinas dan juga menteri kesehatan RI. Untuk menginput data yang ada maka Anda harus login menggunakan username id dan juga password yang telah Anda buat sewaktu registrasi dahulu. Untuk mengetahui peraturan lengkapnya maka Anda bisa langsung berkunjung ke websitenya ya.

  • Sistem pelaporan sipnap

Para pengelola yaitu menteri kesehatan RI serta lembaga instansi kesehatan lainnya merancang aplikasi yang bisa kita akses secara online ini guna mengetahui apa saja persebaran obat di Indonesia, dan mengetahui kira-kira apakah obat yang digunakan itu sesuai dan tidak berbahaya. Selain itu sistem pelaporan sipnap ini juga dibuat semudah dan sesimple mungkin sehingga bisa memudahkan semua orang dari kalangan kesehatan yang menggunakan aplikasi ini. Dengan tampilan sederhana dan juga informasi yang lengkap, aplikasi Sipnap ini dinilai mampu menjalankan fungsi dari sistem yang digunakan untuk pelaporan secara berkala yaitu per bulannya. Sistem pelaporan sipnap ini ditunjukkan dalam bentuk website yang diakses secara online sehingga bisa diakses dengan mudah bagi orang-orang. Selain menggunakan pc atau laptop, Anda juga bisa membuka aplikasi website ini di berbagai perangkat lainnya asal dalam keadaan online. Sangat mudah karena bisa diakses dimana-mana dan sangat praktis bagi orang yang mungkin tidak terbiasa dengan internet atau website karena cara aksesnya yang cukup mudah.

  • Keuntungan aplikasi sipnap

Banyak sekali jenis keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi ini ya, aplikasi ini menimbulkan beberapa keuntungan misalnya saja dibuat melalui aplikasi website sehingga akan sangat memudahkan kita dalam mengaksesnya. Selain itu tampilan website sederhana sehingga mudah untuk dipelajari dan juga digunakan. Jika lupa password maka Anda bisa meresetnya kembali dengan mudah ya. Tidak hanya itu, ada juga penjelasan dan juga infromasi mengenai peraturan menggunakan aplikasi yang satu ini  berupa file pdf yang bisa Anda unduh dan simpan dengan mudah.

Nah itulah beberapa infromasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai aplikasi sipnap. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda semuanya ya~

Baca: 5 Aplikasi Website Kemenkes yang Wajib Diketahui Tenaga Kefarmasian

ARTIKEL TERKAIT