Ternyata Panadol adalah Obat Penurun Panas Paling Terkenal di Dunia

4012
panadol
source : youtube

Bidhuan.id – Ternyata Panadol adalah Obat Penurun Panas Paling Terkenal di Dunia. Acetaminophen atau parasetamol merupakan obat generik penurun panas (antipiretik) dan pereda sakit (analgesik) yang paling umum digunakan di dunia. Lalu merek apakah yang paling dikenal yang hampir tersebar di setiap negara?

Ada 3 merk obat penurun panas yang hadir lebih dari 10 negara, yang paling terkenal adalah Panadol yang telah hadir di 58 negara di Dunia. Diikuti oleh Tylenol dan Efferalgan yang tidak hadir di Indonesia.

Lalu mengapa panadol bisa tersebar kebeberapa negara?

Diutip dari wikipedia, pada tahun 1955, Panadol diperkenalkan ke rumah sakit di Inggris. Panadol pertama kali dipasarkan oleh perusahaan obat Phillips, Scott & Turner, yang diakuisisi oleh Frederick Stearns & Co, anak perusahaan dari Sterling Drug Inc.

Pada waktu itu diiklankan dengan tagline “lembut pada lambung”, karena obat analgesik lainnya pada saat aspirin, terkenal mengiritasi lambung. Panadol awalnya hanya tersedia dengan resep dokter di Inggris.

Pada tahun 1983, Sterling mulai ekspansi Panadol untuk pasar Amerika Serikat. Pada tahun 1988 Sterling Winthrop diakuisisi oleh Eastman Kodak kemudian dijual sebagai obat Over The Counter (OTC). Hak paten habis kemudian dibeli oleh SmithKline Beecham pada tahun 1994.



Perusahan Glaxo Smith Kline (GSK) inilah yang membuat panadol menjadi obat yang paling sering digunakan didunia dimana telah terdapat di beberapa negara seperti Australia, Azerbaijan, Bahrain, Belgium, Bulgaria, British West Indies, Central America, Chile, Croatia, Cyprus, Czech Republic, Egypt, Estonia, Finland, Greece, Hong Kong, Hungary, Indonesia, Ireland, Kenya, Kuwait, Jordan, Lebanon, Lithuania, Macedonia, Malaysia, Malta, Myanmar, Netherlands, New Zealand, Nigeria, Oman, Pakistan, Panama, Peru, Philippines, Poland, Portugal, Puerto Rico, Qatar, Romania, Russia, Saudi Arabia, Serbia, Singapore, Slovakia, Sri Lanka, Switzerland, Syria, Taiwan, Turkey, Uganda, Ukraine, United Arab Emirates, United Kingdom, United States, dan Vietnam.