Wow! Pasien Bisa Dapatkan Obat lewat Resep Online

824
online resep

Wow! Pasien Bisa Dapatkan Obat lewat Resep Online dengan tidak mengganti peran Apoteker. Mungkin suatu saat di Indonesia bisa mengaplikasikan sistem yang saat ini diterapkan di New York City, USA. Dengan suatu aplikasi khusus, pasien bisa mendapatkan obat melalui resep secara online dan taksi Uber akan mengantarkannya ke tempat tujuan.

Dikutip dari pharmacytimes.com, sebuah aplikasi ZipDrug yang berbasis di Manhattan telah bermitra dengan CityMD (semacam klinik kesehatan frenchise yang tersebar di USA) dan telah membangun kios di kawasan Murray Hill tempat CityMD berada.

Aplikasi yang bisa diinstall melalui smartphone ini terkoneksi dengan layanan Taksi Uber. Dengan demikan pasien dapat melacak keberadaan resep mereka pada peta dalam aplikasi mobile ZipDrug.

resep online apoteker

ZipDrug mengklaim bahwa pasien akan mendapatkan obatnya dengan rata-rata waktu 16 menit. Pasien dapat mengatur informasi asuransi dan bentuk pembayaran yang disukai ketika mereka pertama kali menggunakan layanan ini untuk lebih mengefektifkan pemberian obat.

Untuk menggunakan layanan ini, Dokter pemberi resep harus menyerahkannya secara elektronik ke apotek pasien yang diinginkan agar ZipDrug dapat memproses permintaan tersebut. Uniknya resep kertas tidak diakui.

Layanan ini bisa mendukung setiap apotek yang telah bekerja sama dan berlisensi yang terletak di sebagian besar New York City.

Aplikasi ZipDrug dapat mengirim pemberitahuan (push notification) untuk pasien ketika pengobatan diperlukan untuk kembali menggunakan resep tersebut. Pasien juga dapat menambahkan beberapa user ke akun mereka, sehingga bisa digunakan juga oleh salah satu anggota rumah tangga.

Salah satu pendiri ZipDrug dan CEO, Stu Libby mengatakan bahwa kenyamanan applikasi ini memiliki potensi untuk meningkatkan kepatuhan pengobatan dan biaya perawatan kesehatan selanjutnya yang lebih rendah.

“ZipDrug menghilangkan hambatan kenyamanan yang berkaitan dengan mengunjungi apotek, sehingga pasien bisa mendapatkan obat mereka kapan tepatnya mereka ingin mereka,” katanya.

Hal yang paling penting adalah ZipDrug tidak berusaha menggantikan peranan apoteker sehubungan dengan konseling pasien. Perusahaannya tidak membahas informasi obat dengan pasien.

“Kami meninggalkan ke orang-orang yang disertifikasi untuk melakukannya,” lanjutnya.

Bahkan, ZipDrug mengakui bahwa apoteker memainkan peran penting, terutama dalam membuat pasien yakin tidak lupa atau meninggalkan obat mereka.



Pasien dapat mendaftar untuk layanan ZipDrug setiap saat dengan hanya menggunakan telepon mereka, dan mulai Februari, kios-kios akan tersedia di seluruh lokasi lainnya klinik CityMD.

SHARE