Kumpulan Poster Pesan Apoteker tentang Obat yang Wajib Diketahui Publik

14722

Tugas seorang Apoteker salah satunya adalah melaksanakan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi tentang obat yang akan digunakan oleh pasiennya. Akun facebook Asmurani Laili Anhar berhasil mengumpulkan poster dan baner Pesan Apoteker tentang Obat yang Wajib Diketahui Publik.

Gambar-gambar berupa baner atau poster ini viral di media sosial, dan layak diketahui bagi para Apoteker maupun masyarakat awam untuk mencerna informasi yang disampaikan dalam setiap gambarnya.

Diawali dengan poster swamedikasi, poster pertama menjelaskan pengertian dari Swamedikasi sendiri didefinisikan sebagai pemilihan dan penggunaan obat oleh individu untuk merawat diri sendiri dari penyakit atau gejala penyakit. Di gambar ini pula dijelaskan apa saja hal-hal yang harus diperhatikan.

Ditegaskan pula oleh gambar lainnya bahwa Swamedikasi memiliki prinsip 4K 1T dimana harus mengetaui obat yang akan diminum, dosis obat, cara penggunaan yang tepat, efek samping dan bertanya kepada apoteker.

Gambar lainnya menjelaskan tentang cara penggunaan obat dalam berbagai kondisi. Gambar poster yang dibuat relatif sederhana dan mudah dicerna oleh orang awam. Sebagai contoh, dijelaskan pula bagaimana cara untuk menggunakan obat dengan benar dan dalam beberapa sediaan seperti tetes mata, dan inhaler.

Beberapa peringatan pula ditekankan dalam beberapa poster, seperti penggunaan obat ketika masa kehamilan dan menderita diabetes. Intinya setiap penggunaan obat harus mengikuti prinsip 4T + 1W yaitu tepat indikasi, pasien, dosis, dan jenis obat. Ditambah dengan waspada terhadap efek samping.

Akhirnya semua poster yang ada disimpulkan oleh satu poster yang menerangkan bahwa kerjasama antar tenaga kesehatan dan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan obat akan mewujudkan bangsa yang sehat.

kerjasama apoteker

Gambar yang bersumber dari media facebook ini beberapa berasal dari institusi pemerintah seperti Universitas dan BPOM maupun dari apoteker yang berjiwa kreatif.

ARTIKEL TERKAIT