Inilah Game Online Mendidik Menggambarkan Aktivitas di Apotek

0
2415
game dispensing
umber : www.monash.edu

Saat ini di dunia pendidikan di Indonesia mulai berlomba-lomba menerapkan sistem pembelajaran E-Learning yakni suatu sistem pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan fasilitas Internet. Di Monash University, Australia khususnya untuk bidang farmasi telah mengembangkan sistem berbasis game online agar para mahasiswanya bisa belajar interaktif sambil bermain memecahkan suatu permasalahan tertentu.

Inilah Game Online Mendidik Menggambarkan Aktivitas di Apotek. MyDispense untuk pembelajaran dispensing dan konseling di apotek. Game ini dibuat sebagai penerapan salah satu mata kuliah di Fakultas Farmasi, Monash University yang mulai mendunia.

Dilansir dari situs resminya (https://www.monash.edu/pharm/innovative-learning/technologies/my-dispense). Melalui latihan dispensing sangat interaktif, MyDispense memungkinkan gamers untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri yang aman tanpa berdampak buruk bagi pasien, Selain itu merupakan praktek terbaik untuk dispensing produk farmasi.

my dispense
Sumber : www.monash.edu

Aplikasi web mendukung total pengalaman dispensing, dari komunikasi awal dengan pasien dan dokter sampai konseling atau nasihat profesional ketika menyerahkan obat kepada pasien.

game online dispensing
Sumber : www.monash.edu

Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem dispensing dengan banyak fitur dari program dispensing komersial yang ada untuk memberikan gamers pengalaman otentik dalam praktek dispensing modern. Pada akhir setiap latihan, gamers skan menerima umpan balik kontekstual pada kinerja dispensing mereka.

Pengguna game ini harus mampu mengeksplorasi skenario berbasis pasien bahwa mereka mungkin menghadapi dalam kehidupan nyata. Tutor dapat membangun latihan baru dengan menggabungkan unsur-unsur dari database lebih dari 300 pasien dan 1.500 produk farmasi untuk membuat variasi skenario terbatas. Gamers harus membuat keputusan profesional untuk berhasil menyelesaikan latihan hati-hati lulus.

Sumber : www.monash.edu
Sumber : www.monash.edu

Aplikasi MyDispense adalah paperless yang menggunakan representasi virtual pasien, barcode, label dan produk. Dibangun menggunakan pemrograman web canggih, dirancang untuk berjalan pada rentang seluas mungkin yang  dapat diakses dari mana saja di kampus atau dari rumah dan tidak memerlukan plugin download atau software tambahan.

Berikut adalah video cara penggunaan dilansir dari media youtube resmi Monash University



Tidak menutup kemungkinan kedepan bisa dimainkan untuk umum. Selain game ini hadir pula Pharmatopia untuk belajar membuat suatu produk di Industri Farmasi.