Masih Perlukah Neraca Timbangan di Apotek dan Laboratorium Farmasetika?

0
2028
timbangan

Masih Perlukah Neraca Timbangan di Apotek dan Laboratorium Farmasetika? Neraca timbangan atau timbangan emas ukuran mg dan gr menjadi salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh setiap Apotek. Termasuk dengan anak timbangannya dan segala persyaratan kalibrasi atau peneraan timbangannya.

Di lain sisi, di dunia pendidikan di Laboratorium Farmasetika baik itu di tingkat SMF, D3 maupun S1 Farmasi masih menggunakan timbangan jenis ini.

Saat ini banyak laporan adanya oknum petugas pemerintahan yang memanfaatkan aturan tera timbangan di Apotek dengan melakukan peneraan timbangan dengan tarif tertentu. Hal ini tentunya meresahkan pemilik Apotek karena tentunya banyak timbangan yang hanya disimpan digudang dan sebatas pemenuhan persyaratan Apotek dengan embel-embel digunakan untuk peracikan.

Timbangan digital adalah solusi saat ini. Selain lebih akurat dan proses kalibrasi bisa dilakukan setiap saat.

timbangan



Tahukah anda? Di Jepang timbangan ini sudah masuk museum pendidikan. Jadi miris bila di dunia pendidikan masih menggunakan neraca timbangan manual. Adakah alasan ilmiah mengapa harus tetap menggunakan timbangan ini? Apakah sudah saatnya meninggalkan neraca ini?

SHARE