SKP Gratis Untuk Apoteker Hanya dengan Jawab Pertanyaan dari Kalbemed

0
18175
cpd online

Siapa bilang mengumpulkan Satuan Kredit Profesi (SKP) untuk syarat perpanjangan kompetensi apoteker harus selalu mengeluarkan sejumlah biaya. Melalui program CPD (Continuing Professional Development) hasil kerjasama antara PP IAI (Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia) dengan Majalah CDK (Cermin Dunia Kedokteran) bisa memperoleh 2 SKP gratis dengan hanya menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan artikel yang diterbitkan di kalbemed.com (Portal Kalbe Medical).

SKP Gratis Untuk Apoteker Hanya dengan Jawab Pertanyaan dari Kalbemed.com sebenarnya telah dimulai sejak 2013 dengan dikeluarkan PP IAI No.009/SPK/PP.IAI/XI/2013 tentang: Pemberian Sertifikasi Majalah Cermin Dunia Kedokteran. Sementara bagi rekan profesi Dokter, melalui PB IDI telah melakukan CME (Continuing Medical Education) sejak 2010 dengan SK PB IDI nomor: 939/PB/A.4/12/2010.

Cara untuk mendapatkan SKP ini sangat mudah, langkah pertama adalah registrasi di portal http://www.kalbemed.com/, pilih daftar sebagai pharmachist dan isi identitas dengan benar, karena sertifikat bisa langsung dicetak setelah selesai menjawab pertanyaan kuis (quiz).

cpd online kalbemed

Setelah berhasil mendaftar, silahkan log in dengan username dan password yang dibuat sebelumnya. Mulailah dengan klik CPD online, Apoteker dapat mengakses artikel-artikel yang diberikan bobot SKP oleh PP IAI dan selanjutnya menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Bagi yang mampu menjawab dengan benar minimal 60% berhak mendaptkan sertifikat dengan bobot SKP sesuai dengan bobot yang diberikan pada artikel tersebut.

cpd2

CPD (Continuing Professional Development) merupakan kegiatan Program Pendidikan Apoteker Berkelanjutan (P2AB) yang terselenggara berkat kerjasama PP IAI (Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia) dengan Majalah CDK (Cermin Dunia Kedokteran), merupakan salah satu penjabaran dari Peraturan Pemerintah No 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian guna menjaga mutu pelayanan Apoteker Indonesia.

Tata Cara Pelaksanaan:
1. CPD (Continuing Professional Development) dapat dilakukan oleh seluruh Apoteker di wilayah Indonesia yang telah melakukan proses registrasi.
2. Setiap modul CPD online hanya dapat dilakukan akses ataupun dijawab satu kali
3. Setiap modul CPD online hanya berlaku selama 1 tahun, namun sertifikat berlaku selamanya.
4. Pengerjaan modul CPD online dinyatakan berhasil jika mampu menjawab lebih dari 60% pertanyaan secara benar.
5. Proses pengerjaan CPD dimulai dengan “start quiz”, dan mulailah menjawab pertanyaan sampai seluruh pertanyaan terjawab.
6. Untuk mengetahui total SKP yang sudah Anda kumpulkan silakan tekan “refresh” pada Total SKP.
7. Dimohon untuk mengisi kolom registrasi dengan benar, hal ini untuk kelengkapan data cetak sertifikat.
8. Sertifikat CPD dapat Sejawat print langsung.

cpd3

Mudah bukan? jadi jelas pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian memiliki fungsi untuk menjaga mutu pelayanan Apoteker Indonesia. IAI sebagai organisasi profesi Apoteker memfasilitasi untuk melaksanakan amanat dari PP tersebut.



Bagi yang ingin tahu Surat Keputusan yang dikeluarkan PP IAI terbaru bisa dilihat di forum apoteker indonesia. Silahkan bergabung jika belum bergabung.