Hal-hal yang Harus Diperhatikan Bagi Lulusan Apoteker Baru

0
16695
profil lulusan apoteker

Senang rasanya setelah duduk dibangku kuliah sekitar 5 tahun lamanya akhirnya berhasil lulus dan bergelar Apoteker. Sebuah babak baru akan dihadapi yang tentunya memasuki kompetisi baru. Dengan kata lain teman-teman baik kita dan lulusan Apoteker di Universitas lainnya sebagai kompetitor di babak baru ini. Beberapa Apoteker baru (fresh graduate) sudah dengan mantapnya memiliki arah apa yang akan dilakukan selanjutanya, tapi jangan salah sebagian lulusan baru ini merasa bimbang bahkan tak tentu arah. Tulisan kali ini sedikit bercerita mengenai pengalaman 9 tahun yang lalu sebagai lulusan Apoteker baru.

1. Pelajari data dan fakta profil lulusan apoteker yang ada dan tentukan pilihan!

Berdasarkan analisis ketatnya persaingan lulusan Apoteker di Jawa Barat seperti di tulisan saya sebelumnya 700 orang lulusan baru dihasilkan setiap tahunnya. Apabila diprosentasikan sekitar 70% mencari pekerjaan maka 490 orang Apoteker baru bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dan itu hanya di Jawa Barat. Saat berpikir dan merenung sejenak, kelebihan apa yang kalian miliki diantara 489 orang yang sama-sama mencari pekerjaan?
profil lulusan apoteker
Saat nya melihat data statistik mengenai profil lulusan apoteker, sampel sejumlah 466 lulusan Apoteker yang diambil tahun 2010. Inilah prospek kerja para lulusan baru. Perbedaan yang tidak terlalu jauh adalah di Rumah Sakit, Apotek yang pada umumnya di Kimia Farma, dan melanjutkan sekolah atau umumnya memilih dosen adalah pilihan utama dari para lulusan Apoteker saat itu. Untuk favorit di ring kedua adalah Industri, Dinkes/Depkes, Lab Klinik, dan BPOM. Sedangkan sisanya memilih di TNI/Polri, BPPT dan lainnya diluar dunia Farmasi seperti perbankan dan enterpreneur, serta ada juga yang memilih untuk menikah. Baik apakah sekarang sudah selesai merenungnya? Apa arah rekan-rekan sekarang?

2.  Jangan takut salah untuk memilih

Fakta membuktikan bahwa pekerjaan tetap rekan-rekan apoteker baru akan diketahui minimal setelah 5 tahun bekerja. Di masa-masa 5 tahun itu adalah masa pencarian jati diri serta pekerjaan yang cocok sesuai minatnya. Dan pastikan pula harus memiliki target bahwa selama 5 tahun inilah pekerjaan saya akan tetap, dengan kata lain bidang pekerjaan sudah ditentukan. Karena untuk 5 tahun selanjutnya saatnya untuk fokus dan mengembangkan karirnya dan anggaplah bahwa itulah jalan rekan-rekan yang telah ditakdirkan. Selain itu, memulai pekerjaan sampingan adalah opsi yang tepat. Yang harus rekan lakukan sekarang adalah KERJAKAN! jangan terlalu banyak merenung

3. Jangan terlalu idealis memikirkan gaji

Ingat anda adalah Apoteker baru, bukan saatnya untuk memikirkan gaji. Pengalaman yang paling penting dan belajar masih diperlukan. Dimanapun tempat bekerja, calon bos atau pimpinan memiliki standar tersendiri terhadap fresh graduate, nikmatilah lingkungan baru dan ingat bertanggung jawablah terhadap pilihan anda, tetap optimis dan bekerja dengan ikhlas. Apabila tidak merasa cocok bertahan lah lebih lama. Pikirkan baik buruknya apabila ingin memilih pekerjaan baru. Jangan pindah pekerjaan sebelum pasti diterima di pekerjaan lainnya!

4. Anda berasal dari daerah? kembalilah..

Di luar jawa Apoteker begitu diperlukan menandakan jumlah apoteker sangat kurang untuk di luar Jawa. Opsi kembali kedaerah adalah pilihan yang sangat tepat. Banyak teman-teman saya sukses menjadi bos dalam waktu singkat di tanah kelahirannya. Kembalilah dan majukan daerah anda!

5. Saatnya buka lapangan pekerjaan

Data menunjukan jumlah lulusan semakin bertambah tetapi lapangan pekerjaan cenderung tetap. Beberapa teman saya dengan keberanianya membuka Apotek baru dan sekarang perkembang ke PBF dengan membuka lapangan kerja baru. Tentunya bukan hanya keberanian tapi disertai perhitungan dan perencanaan yang matang. Jadi seorang entrepreneur kreatif adalah opsi terbaik lainnya.

6. Just do it!



Mari memulai dari saat ini, yang pasti apabila sudah siap untuk bekerja sebagai penanggung jawab baik itu di Apotek, PBF, IFRS, maupun di Industri saatnya mempersiapkan
1. Bukti lapor
2. STRA (cara memperoleh STRA)
3. SIPA/SIKA (cara praktis memperoleh SIPA/SIKA)
Bagi yang ingin melanjutkan sekolah saatnya mencari peluang beasiswa, tulisan di bawah ini mungkin akan bermanfaat silahkan di klik
Sekolah Gratis dapat Beasiswa dari Universitas di Jepang
Apa syarat utama diterima kuliah di Jepang
Tips cara email dan dapat LoA dari supervisor/profesor untuk kuliah ke Luar Negeri
Dan masih banyak lainnya silahkan dipilih kategori beasiswa.
Segera bergabung di Forum Komunitas Apoteker Indonesia klik disini