Ini Video Pesan Apoteker Tentang Obat Yang Penting Diketahui Masyarakat

2138
dagusibu

Organisasi profesi untuk Apoteker, yakni Ikatan Apoteker Indoensia (IAI) telah mencanangkan program GKSO (Gerakan Keluarga Sadar Obat) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan benar melalui program  “DAGUSIBU” (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang).

Ini Video Pesan Apoteker Tentang Obat Yang Penting Diketahui Masyarakat yang diupload akun youtube Yori Yuliandra. Dalam media youtubenya juga dijelaskan dengan detail apa itu DAGUSIBU.

DA (Dapatkan Obat Dengan Benar)

Belilah obat di tempat yang paling terjamin, yaitu di Apotek. Penyimpanan obat di Apotek lebih terjamin sehingga obat sampai ke tangan pasien dalam kondisi baik (keadaan fisik dan kandungan kimianya belum berubah). Pastikan Apotek yang dikunjungi memiliki ijin dan memiliki Apoteker yang siap membantu pasien setiap saat.

GU (Gunakan Obat Dengan Benar)

Gunakan obat dengan benar. Penggunaan obat harus sesuai dengan aturan yang tertera pada wadah atau etiket. Obat jenis antibiotik harus dikonsumsi sampai habis. Pastikan Apoteker memberitahukan cara pemakaian obat yang diberikan dengan jelas, khususnya untuk obat dengan sediaan yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat umum.

SI (Simpan Obat Dengan Benar)

Supaya obat yang kita pakai tidak rusak maka kita perlu menyimpan obat dengan benar, sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada di dalam kemasan. Kebanyakan obat tidak boleh terpapar oleh sinar matahari secara langsung untuk itu obat perlu disimpan di tempat yang tertutup dan kering. Selain itu jauhkan obat dari anak-anak dengan menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak.

BU (Buang Obat Dengan Benar)

Bila obat telah kadaluarsa atau rusak maka obat tidak boleh diminum, untuk itu obat perlu dibuang. Obat jangan dibuang secara sembarangan, agar tidak disalahgunakan. Obat dapat dibuang dengan terlebih dahulu dibuka kemasannya, direndam dalam air, lalu dipendam didalam tanah.

Pencanangan program ini dilatarbelakangi oleh beberapa fakta sebagai berikut :

Hal ini terkait fakta bahwa:
• Obat merupakan sarana atau komoditi kesehatan yang dapat memberikan manfaat apabila cara mendapatkan, cara menggunakan, cara menyimpan dan cara membuangnya dilakukan dengan benar.
• Masyarakat banyak yang belum memahami masalah terkait obat tersebut.
• Semua komponen bangsa, baik organisasi masyarakat, organisasi sosial, organisasi profesi, dan juga masyarakat sendiri harus bersinergi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap obat.

Untuk memudahkan sosialisasi DAGUSIBU, IAI telah membuat lagu DAGUSIBU dengan lirik sebagai berikut

Obat diperlukan agar penyakit hilang
Dan sehat selalu
Tapi ingat DAGUSIBU

Tanyakan apoteker dimana dapatkan obatnya
Supaya didapat obatnya bermutu dan bermanfaat
Tanyakan apoteker cara pakai obat dan dosisnya
Agar tepat guna dan bermanfaat

Tanyakan apoteker cara menyimpan obatnya
Supaya kualitas obat tetap terjamin
Tanyakan apoteker cara membuang obat rusak
Agar tidak membahayakan lingkungan dan sesama

Gerakan Keluarga Sadar Obat
Benar memilih obat
Gerakan Keluarga Sadar Obat
Benar gunakan obat
Gerakan Keluarga Sadar Obat
Benar menyimpan obat
Gerakan Keluarga Sadar Obat
Benar cara membuang obat

DAGUSIBU
Dapatkan Gunakan Simpan dan Buang obat
Dengan cara yang benar
DAGUSIBU
DAGUSIBU

Berikut adalah video lagu DAGUSIBU

Silahkan share untuk mendukung program Sosialisasi “DAGUSIBU” (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) obat dengan benar, sehingga masyarakat lebih paham bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat dengan benar.



Segera bergabung di Forum Komunitas Apoteker Indonesia klik disini