Tips Menaikan Gaji Apoteker dan Asisten sesuai Kemampuan Apotek

18153
Tips Menaikan Gaji Apoteker dan Asisten sesuai Kemampuan Apotek
Tips Menaikan Gaji Apoteker dan Asisten sesuai Kemampuan Apotek

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan manajemen apotek menaikan gaji karyawannya terutama untuk apoteker dan asistennya. Utamanya karena kondisi kebutuhan hidup yang terus meningkat. Apabila memperhatikan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) daerah setempat, dimana saat ini akan terjadi kenaikan untuk tahun 2015.

Oleh karenanya perlu rasanya untuk menganalisis mengenai kenaikan gaji karyawannya. Faktor kemampuan apotek juga harus diperhatikan. Jangan sampai dengan  menaikan gaji tapi beberapa bulan kedepan tidak sesuai dengan laba yang akan didapat. Berikut adalah tips cara menaikan gaji dengan menyesuaikan kondisi kebutuhan hidup karyawan dan internal pendapatan apoteknya.

naik gaji

1. Cari Informasi UMK daerah setempat

kenaika upah jawa barat

Sebagai contoh adalah melihat UMK 2015 Jawa Barat yang mengalami kenaikan rata-rata 16%. Walau sudah ditentukan melalui IAI dan PAFI standar gajinya, perlu kita perhatikan terlebih dahulu apakah gaji yang kita berikan untuk apoteker maupun asistennya saat ini sudah sesuai dengan UMK yang ditetapkan? Apabila belum atau masih di bawah, saatnya menganalisis kemampuan apotek dari data tahun sebelumnya.

2. Analisis operasional dan laba selama setahun

laba dan operasional apotek

Berikut saya coba memberikan contoh dari data grafik di atas. Disini kita coba analisis besarnya laba dan operasional di setiap bulan dan hitung selisih laba yang di dapat. Langkah pertama coba kita hitung dengan kenaikan 5%, 10%, 15% sesuai besaran kenaikan UMK pada laba terbesar di salah satu bulan ditahun lalu. Kemudian bandingkan hasil perkaliannya dengan laba minimum  atau terkecil di tahun itu. Apabila masih ada margin berarti itulah besaran prosentase kenaikan yang akan diperoleh karyawan kita. Dan insya allah di tahun ini omzet akan tetap bahkan  meningkat.

Di grafik tersebut saya ambil hanya dari penjualan langsung tidak dihitung dari penjualan dispensing, oleh karenanya  mungkin di margin laba itu ada hak untuk karyawan kita, untuk itulah manajemen berusaha untuk meningkatkan gajinya di 2015 ini. [Baca : Kekeluargaan Kunci Sukses dalam Membangun Beberapa Klinik dan Apotek]

ARTIKEL TERKAIT