Hasil dan Cuplikan Video Semifinal AFF Suzuki Cup Filipina vs Thailand (1st leg)

0
1125

Semifinal pertama antara Filipina dan Thailand berakhir sama kuat 0-0. Filipina tampil dengan kekuatan penuh di hadapan pendukungnya sendiri, hanya menyisakan 2 orang asli kelahiran Filipina sisanya adalah pemain naturalisasi yang memiliki pengalaman bermain di Eropa. Pertandingan seru dan superketat hingga di menit 70, Thailand harus bermain dengan 10 orang setelah Kraisorn di kartu merah.

Susunan Pemain

formasi filipina vs thailand

Filipina :

Line up (4-2-3-1)
16 P. Deyto
2 R. Gier
23 S. Rota
12 A. Aguinaldo
11 D. Sato
19 J. Lucena
21 M. Steuble
22 P. Mulders
8 M. Ott
9 M. Bahadoran
10 P. Younghusband
Cadangan
7 J. Younghusband
18 C. Greatwich
24 S. Greatwich
25 M. Hartmann
26 T. Trigo
27 C. Dizon
29 P. Reichelt
34 K. Daniels
35 D. Villanueva
Pergantian Pemain
P. Reichelt menggantikan P. Mulders 60′
K. Daniels menggantikan S. Rota 62′
J. Younghusband menggantikan D. Sato 84′
Pelatih
T. Dooley

Thailand :

Line up (4-2-3-1)
1 K. Thamsatchanan
5 S. Phuk-hom
13 N. Weerawatnodom
2 P. Notchaiya
7 C. Chappuis
18 C. Songkrasin
4 K. Thaweekarn
17 T. Kesarat
6 S. Yooyen
10 K. Keawsombut
14 S. Masuk
Cadangan
12 P. Deeprom
15 C. Kitpongsrithada
19 A. Lahsoh
20 C. Sae-Eae
22 S. Soleb
11 M. Tossakai
3 P. Boonyong
8 A. Daosawang
9 A. Kraisorn
Pergantian Pemain
A. Kraisorn menggantikan K. Keawsombut 22′
P. Deeprom menggantikan S. Masuk 76′
M. Tossakai menggantikan K. Thaweekarn 85′
Kartu Kuning : S. Phuk-hom 41′, S. Yooyen 90+1′
Kartu Merah :A. Kraisorn 70′
Pelatih
K. Senamuang

Jalannya Pertandingan

Sesuai prediksi sebelumnya Filipina tampil penuh dengan hanya mengganti M. Hartman oleh P. Mulders di line up. Thailand yang menyimpan 7 pemain di pertandingan melawan Myanmar kali ini sebagai pemain inti. Kedua tim sama-sama menggunakan formasi favoritnya 4-3-2-1.

Tampil di hadapan publiknya sendiri, FIlipina tampil percaya diri. Thailand yang kali ini dikomandoi oleh kiper Kawin Thamsatchanan tampil sabar dan lebih kompak. Kedua kesebelasan menampilkan permainan terbuka dan saling bergantian menyerang. Peluang pertama di menit ke 3, tendangan bebas Kirati melambung di atas mistar kiper Filipina Deyto. Giliran Filipina melalui Martin Steuble mengancam gawang Kawin namun masih melebar di menit 10.

Menit ke 14 Paul Mulder membuat terobosan di kotak pinalti, tapi ketangguhan lini belakang Thailand berhasil mematahkan serangan Filipina. Filipina menguasai jalannya pertandingan sampai menit 20 tapi kedua tim belum menghasilkan serangan yang berbahaya.

Statistik sampai menit 20
Statistik sampai menit 20

Menit 22 Kirati Keawsombut mengalami cedera dan digantikan Adisak Kraisorn. Filipina masih terus menekan Thailand, menit 31 berhasil membuat shoot on goal pertama melalui Phillip Younghusband, namun tendangan dari lkuar kotak penalti tepat dipelukan Kawin. Kedua tim memperagakan skill yang mumpun dan dalam tempo yang cepat. Menit ke 38 Thailand memiliki peluang dari tendangan bebas, sayang mengenai pemain belakang FIlipina dan menghasilkan tendangan penjuru yang lagi-lagi bisa dimentahkan pemain FIlipina.

Peluang emas dimenit 42 melalui tendangan bebas Younghusband ke sudut kanan gawang, namun dengan sempurna Kawin terbang menepis tendangannya. 2 menit perpanjangan waktu di babak pertama. DI injury time, FIlipina mengancam dari sayap kanan dengan memberikan crossing berbahaya ke kotak penalti, lagi-lagi bek Thailand berhasil mengamankannya. Kedudukan sama kuat bertahan sampai peluit babak pertama di bunyikan.

Babak kedua dimulai, kedua tim masih tampil menyerang. Baru menit 48, Younghusband mengancam dengan memberikan umpan krosing, dengan sigap Kawin mengamankannya. Menit ke-50 peluang emas di miliki Thailand, tendangan dari Perapat dari dalam kotak penalti membentur tiang gawang Filipina.

Serangan cepat terobosan dari Manuel Ott ke Younghusband hampir menghasilkan gol di menit 54, Younghusband dengan aksi solo run nya gagal mengontrol bola sehingga berhasil diamankan bek Thailland. Giliran Thailand mengancam, di menit 56 Sarawut Masuk kurang selangkah untuk membelokan bola yang sudah kosong hasil dari umpan datar dari sisi kiri kotak pinalti Filipina.

Filipina memasukan Patrick Reichelt menggantikan Mulder di menit 60 disusul Daniels menggantikan Rota menit 62 untuk menambah daya gedornya. Di menit ke-70 Thailand bermain dengan 10 orang setelah Kraisorn diusir wasit karena menyikut pemain Filipina. Filipina terus menekan pertahanan Thailand, dan Thailand sesekali melakukan serangan balik.

FIlipina melakukan pergantian terakhirnya dengan memasukan James Younghusband di menit 84 sementara Thailand memasukan Deeprom dan Monkol Tossagri. Filipina tidak mampu memanfaatkan kelebihan pemain sampai peluit akhir babak kedua dibuntikan kedudukan imbang tanpa gol.

Statistik Pertandingan

statistik babak pertamastatistik babak kedua

Cuplikan Video Pertandingan Filipina vs Thailand



Sumber affsuzukicup.com, soccerway.com dan youtube.com